Wednesday, February 29, 2012

Jenis-jenis Sistem Operasi



Sistem operasi adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer(bahasa mesin).Pemakaian processor, memory, harddisk dan sebagainya diatur oleh sistem operasi.
Jenis-jenis sistem operasi yang sangat terkenal antara lain:

DOS (Disk Operating System)
Windows
UNIX
Linux
Apple Mac OS

Umumnya jenis-jenis sistem operasi yang disebutkan di atas bisa kita pasang pada komputer yang biasa kita kenal (komputer desktop dan laptop). Untuk komputer jenis lain digunakan sistem operasi yang lain pula. Ragam sistem operasi juga ditentukan oleh perusahaan pembuatnya serta versi keluarnya. Untuk sistem operasi DOS kita mengenal PC-DOS (dari IBM), MS-DOS (dari Microsoft) dan sebagainya. Untuk Windows (dibuat oleh Microsoft) kita mengenalWindows 98, Windows NT,Windows 2000, Windows XP, Windows ME, Windows 2003,Windows 7, Windows Vista dan sebagainya. Untuk Linux kita mengenal distro (distribution) SuSe, Mandrake, RedHat dan sebagainya.
Jenis-jenis Sistem Operasi
Jenis-jenis Sistem Operasi

Ada pula sistem operasi yang umumnya dipasang pada komputer merk tertentu saja, seperti Macintosh. Sistem operasi ini dipasang pada komputer merk Apple (pembuat sistem operasi dan pembuat komputernya sama). Sedangkan UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatukelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk server maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-server menunjukkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuatdi jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multi-tasking, dan multi-user.

Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan jenis-jenis sistem operasi tergantung dari kebutuhan masing-masing, sesuai dengan peruntukannya untuk apa dan digunakan sebagai apa ???

0 comments:

Post a Comment