Tuesday, March 6, 2012

UNIX


Apakah UNIX?

UNIX ® License PlateUNIX adalah sistem operasi yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1960, dan telah di bawah pembangunan konstan sejak itu. Dengan sistem operasi, kita berarti suite program yang membuat komputer bekerja. Ini adalah, stabil multi-user, multi-tasking sistem untuk server, desktop dan laptop.
Sistem UNIX juga memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) mirip dengan Microsoft Windows yang memberikan kemudahan untuk menggunakan lingkungan. Namun, pengetahuan tentang UNIX diperlukan untuk operasi yang tidak tercakup oleh program grafis, atau ketika tidak ada jendela antarmuka tersedia, misalnya, dalam sesi telnet.

Jenis-jenis UNIX

Linux PenguinAda berbagai versi dari UNIX, meskipun mereka berbagi kesamaan umum. Varietas yang paling populer UNIX adalah Sun Solaris, GNU / Linux, dan MacOS X.
Di sini, di Sekolah, kita menggunakan Solaris di server kami dan workstation, dan Fedora Linux di server dan PC desktop.

Sistem operasi UNIX

Sistem operasi UNIX terdiri dari tiga bagian; kernel, shell dan program.

Kernel

Kernel UNIX adalah pusat dari sistem operasi: itu mengalokasikan waktu dan memori untuk program dan menangani filestore dan komunikasi dalam menanggapi sistem panggilan.
Sebagai gambaran dari cara bahwa shell dan kernel bekerja sama, misalkan seorang pengguna jenis rm myfile (yang memiliki efek menghilangkan filemyfile ). Shell akan mencari filestore untuk file yang berisi program rm , dan kemudian meminta kernel, melalui panggilan sistem, untuk mengeksekusi program rm pada myfile . Ketika proses myfile rm telah selesai berjalan, shell kemudian mengembalikan% UNIX prompt untuk pengguna, menunjukkan bahwa itu adalah menunggu perintah lebih lanjut.

Shell

Shell bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan kernel. Ketika user log in, program login memeriksa username dan password, dan kemudian mulai program lain yang disebut shell. Shell adalah baris perintah penerjemah (CLI). Ini menafsirkan perintah jenis pengguna dan mengatur bagi mereka untuk dilakukan. Perintah itu sendiri program: ketika mereka mengakhiri, shell memberikan pengguna lain (% pada sistem kami) prompt.
Pengguna mahir dapat menyesuaikan / nya shell sendiri, dan pengguna dapat menggunakan kerang yang berbeda pada mesin yang sama. Staf dan siswa di sekolah memiliki shell tcsh secara default.
Shell tcsh memiliki fitur tertentu untuk membantu pengguna memasukkan perintah.
Penyelesaian Filename - Dengan mengetikkan bagian dari nama nama file, perintah atau direktori dan menekan tombol [ Tab ] kunci, shell tcsh akan menyelesaikan sisa nama secara otomatis. Jika shell menemukan lebih dari satu awal nama dengan surat-surat Anda telah mengetik, itu akan bip, meminta Anda untuk mengetik beberapa lagi surat sebelum menekan tombol tab lagi.
Sejarah - Shell menyimpan daftar perintah yang telah diketik masuk Jika Anda perlu untuk mengulang perintah, gunakan tombol kursor untuk menggulir ke atas dan ke bawah daftar atau sejarah tipe untuk daftar perintah sebelumnya.

File dan proses

Segala sesuatu di UNIX adalah salah satu file atau proses.
Proses adalah sebuah program melaksanakan diidentifikasi dengan PID yang unik (pengidentifikasi proses).
Sebuah file adalah kumpulan data. Mereka diciptakan oleh pengguna menggunakan editor teks, compiler berjalan dll
Contoh file:
  • dokumen (laporan, esai dll)
  • teks program yang ditulis dalam beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi
  • instruksi dipahami langsung ke mesin dan dipahami oleh pengguna biasa, misalnya, koleksi digit biner (file eksekusi atau biner);
  • direktori informasi, berisi tentang isinya, yang mungkin merupakan campuran dari direktori lain (subdirektori) dan file biasa.

Struktur Direktori

Semua file dikelompokkan bersama dalam struktur direktori. File-sistem diatur dalam struktur hirarki, seperti pohon terbalik. Bagian atas hirarki secara tradisional disebut akar (ditulis sebagai slash /)
Unix Struktur File
Dalam diagram di atas, kita melihat bahwa direktori home dari mahasiswa sarjana "ee51vn" berisi dua sub-direktori ( docs dan Pics ) dan sebuah file yang bernama report.doc .
Path lengkap ke file report.doc adalah "/ home/its/ug1/ee51vn/report.doc"

Memulai sebuah terminal UNIX

Untuk membuka jendela terminal UNIX, klik pada ikon "Terminal" dari Applications / menu Accessories.
Gnome Menu

Sebuah jendela Terminal UNIX kemudian akan muncul dengan prompt%, menunggu Anda untuk mulai memasukkan perintah.
Unix Terminal jendela

0 comments:

Post a Comment